Senin, 24 November 2008

Unit Testing di PHP (Bagian 1 Instalasi)

Sejalan dengan berkembangnya Object Oriented di PHP, penggunaan Testing Framework menjadi hal yang semakin banyak dibicarakan. Selain itu, PHP juga telah berkembang dari sekedar menambahkan efek dinamis di sebuah website kecil, menjadi bahasa pemrogramman aplikasi besar yang perlu memperhatikan ketepatan jalannya sebuah logika aplikasi. Dengan melakukan test yang menyeluruh, kita dapat memastikan ketepatan dari aplikasi yang kita bangun, seperti yang dijelaskan pada blog mengenai keuntungan melakukan test. Melihat hal tersebut, kita sebagai pembangun aplikasi di PHP harus sesegera mungkin mempelajari Testing Framework yang dapat membantu dalam pembangunan aplikasi.

Salah satu testing framework yang sering digunakan untuk melakukan Unit Testing di PHP adalah PHPunit. PHPunit merupakan bagian dari xUnit Testing Framework yang memudahkan penulisan testing dan menganalisa hasil dari test yang dilakukan. Instalasi PHPunit sendiri sangat mudah karena menggunakan bantuan PEAR installer dalam menjalankannya. Berikut cara instalasi PHPunit menggunakan PEAR installer.

Pertama-tama kita perlu mendaftarkan PEAR channel yang digunakan untuk mendistribusi PHPunit. Hal ini dilakukan dengan memberikan perintah:

pear channel-discover pear.phpunit.de

Setelah hal tersebut dijalankan, instalasi dapat dilakukan dengan:

pear install phpunit/PHPUnit


Setelah instalasi selesi, kita dapat menemukan file source PHPUnit di tempat kita meletakkan PEAR package. Hal ini tergantung distribusi PHP anda. Ada baiknya kita menambahkan directory tempat phpunit ke dalam PATH sehingga kita bisa memanggil program tersebut dari mana saja. Untuk memastikan instalasi berhasil, coba jalankan perintah berikut:

phpunit --version

akan keluar versi dari phpunit yang terinstall di tempat anda. Sekarang, kita tinggal membuat Unit Test yang sesuai dengan aplikasi yang kita bangun dan memanggil phpunit untuk menjalankannya. Bagaimana cara membuat unit test pertama anda, dengan menggunakan PHPUnit, akan dijelaskan pada tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar